Beranda | Artikel
Sakaratul Maut
Senin, 1 Februari 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Ali Nur

Sakaratul Maut merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Al-Qiyamah Ash-Shughra yang disampaikan oleh Ustadz Ali Nur, Lc. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 12 Jumadil Akhir 1442 H / 25 Januari 2021 M.

Kajian Tentang Sakaratul Maut

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

وَجَاءَتْ سَكْرَةُ الْمَوْتِ بِالْحَقِّ ۖ ذَٰلِكَ مَا كُنتَ مِنْهُ تَحِيدُ ﴿١٩﴾

Dan tatkala datang sakaratul maut dengan sebenar-benarnya, itulah yang dahulu kalian pernah menghindarinya.” (QS. Qaf[50]: )

Sakratul maut pasti dirasakan oleh semua orang, baik yang mukmin apalagi yang kafir. Adapun sakaratul maut adalah pingsan/hampir pingsannya seseorang dikarenakan rasa sakit yang dia rasakan ketika dia akan meninggal dunia.

Mungkin para ikhwah sudah mendengar kajian yang lalu, bukankah ruh orang mukmin itu keluar dengan mudah bagaikan tetesan air? Lantas dimana rasa sakitnya? Kalau kita bicara masalah ruhnya orang kafir yang dicabut itu mengalami sakit yang luar biasa, itu sudah kita maklumi. Sekarang permasalahannya bagaimana dengan ruh orang mukmin? Apakah dia juga merasakan sakit?

Jawabannya adalah bahwa sakaratul maut berbeda dengan pencabutan nyawa. Untuk orang mukmin, dia merasakan rasa sakit disaat sakaratul maut, tapi dia tidak merasakan rasa sakit disaat nyawanya dicabut. Adapun orang kafir, dia merasakan sakarat yang luar biasa dan lebih sakit lagi disaat nyawanya dicabut.

Lalu bagaimana proses tercabutnya nyawa untuk hamba yang kafir? Mari download mp3 kajian dan simak penjelasan yang penuh manfaat ini..

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/49722-sakaratul-maut/